Mengenali Modus Penipuan SIM Swap

Mengenali Modus Penipuan SIM Swap yang Baru Saja Menerpa Ilham Bintang, Waspada Orang yang Kita Kenali

Berita jelek barusan beberapa lalu menerpa wartawan senior sekalian pendiri Check dan Ricek, Ilham Bintang akibat dari modus penipuan sim swap.

Dia kehilangan uang beberapa ratus juta rupiah sebab SIM card smartphone-nya diculik dan dibajak oleh pelaku tidak bertanggungjawab.

Mengenali Modus Penipuan SIM Swap

Dijumpai jika kejahatan itu memakai modus SIM card swap atau mengganti kartu SIM. Cuman dengan modal SIM card dan info individu, pelaku dapat kuasai beberapa rekening Ilham Bintang.

Bagaimana urutan dan langkah penipuan ini? Apa yang dapat kita kerjakan untuk menghindari dengan Modus Penipuan SIM Swap? Baca keterangan selanjutnya di bawah ini!

  1. Urutan penipuan SIM card swap yang terjadi pada Ilham Bintang

Kasus ini dijumpai Ilham Bintang saat dia memperoleh pesan ‘SOS’ di nomor Indosat Ooredoonya pada Sabtu (4/1). Waktu itu, dia lagi ada di Sydney, Australia. Walau sebenarnya waktu itu dia telah beli paket roaming untuk koneksi internet di negara itu.

Baca Juga: Langkah Rusia Batasi Masyarakatnya di Internet

Rupanya waktu itu, ada orang tidak bertanggungjawab yang menggantikan nomornya itu. Pelaku tiba ke Gerai Indosat Bintaro Jaya XChange untuk minta SIM card baru. Dia berkelit jika dia ialah Ilham Bintang.

Sesudah memperoleh SIM card itu, aktor yang membidik internet banking sukses memperlancar aksinya. Rekening Commonwealth dan BNI punya Ilham dijebol. Akhirnya uang beberapa ratus juta rupiah juga hilang.

  1. Bagaimana modus SIM card swap ini digerakkan?

Rupanya menurut riset terkini dari ZDNet, SIM card swap bukan hal yang susah untuk dilaksanakan, khususnya untuk hacker dan penipu ulung. Mereka cuman memerlukan nomor telephone dan info individu korban untuk melakukan.

Mengapa SIM card HP yang dicari? Dikutip dari CNET, saat ini tiap account yang kita punyai terhubung dengan keduanya. Nomor telephone ialah alat yang tersering dipakai untuk log in, baik di sosial media atau account perbankan digital.

  1. Aktor cari data personal korban lebih dulu

Untuk dapat menjebol SIM card dan rekening bank, aktor harus mempunyai identitas individu korban. Pakar forensik digital Ruby Alamsyah menerangkan jika dalam kasus Ilham Bintang, aktor memakai tehnik phishing.

Mereka bersandiwara telephone, kirim e-mail, atau SMS dari perusahaan terkenal. Maksudnya ialah menipu korban supaya mereka mengatakan jati diri secara suka-rela.

  1. Identitas bisa juga didapat dari sosial media

Bila kamu memberikan semua info individu di sosial media, karena itu kamu harus siaga. Makin komplet data yang kamu bagi, makin gampang juga penipu dalam memperlancar laganya.

Dengan bekal nama komplet, mereka juga bisa mendapati media sosialmu dengan gampang. Di sanalah semua data dimulai dari tanggal lahir, pengajaran, sampai nama orang-tua didapat.

  1. Aktor minta SIM card baru pada provider

Sesudah mempunyai data diri, aktor juga mengontak provider untuk menggantikan SIM card. Proses ini umumnya bisa dilaksanakan lewat telephone atau tiba langsung ke kantor provider. Biasanya, petugas akan memberi bermacam pertanyaan dan minta KTP/SIM sebagai bukti identitas.

Ini bermakna jika pelaku tidak bertanggungjawab itu harus mempunyai tanda pengenal palsu berisi identitas korban. Sesudah disepakati, penipu juga sukses bawa chip SIM card yang dicari.

  1. Sesudah SIM card beralih tangan, aktor dapat terhubung rekening bank dan account keuangan yang lain

Demikian nomor telephone diarahkan ke SIM card baru, pemakai awalnya juga tidak dapat menggunakannya kembali. Sekarang ini terjadi, penipu sukses kuasai nomor si korban seutuhnya. Ditambah lagi bila korban tidak mengetahuinya.

Sesudahnya mereka dapat masuk di internet banking, mobile banking, program e-wallet, dan bermacam account keuangan yang lain. Bagaimana triknya?

Code klarifikasi atau OTP untuk log in umumnya dikirim melalui SMS ke nomor smartphone. Jadi saat SIM card telah beralih tangan, automatis code itu dikirimkan ke hp mereka. Bukan masalah susah untuk log in ke akun-akun itu.

  1. Lantas bagaimana triknya supaya kita terbebas dari kejahatan cyber ini?

Nah, bila kamu terhitung orang yang kerap berbisnis digital, penting untuk mengenali jika kita tidak selama-lamanya aman. Ditambah lagi bila akun-akun kita terhubung bernomor telephone. Tetapi ada cara-cara supaya kita terbebas dari modus penipuan ini. Berikut salah satunya:

  • Jangan memercayai SMS, telephone, atau e-mail yang dari orang tidak dikenali. Apa lagi bila mereka mintamu untuk isi atau mengatakan data diri;
  • Jangan click link yang dikirim oleh orang asing, terutama bila link itu meresahkan. Misalkan terbagi dalam beberapa angka acak;
  • Pastikan program keuanganmu mempunyai keamanan yang tinggi. Misalkan dengan minta username, sandi, code klarifikasi, atau bahkan juga token;
  • Sebaiknya tidak memberikan semua info individu di internet. Banyak hal yang jangan kamu bagi ialah nama komplet orang-tua, nomor smartphone, alamat, dan nomor identitas.

Tetapi bila kamu sudah jadi korban dari penipuan semacam ini, selekasnya kontak bank yang berkaitan untuk memblok rekeningmu. Selanjutnya kontak provider yang kamu gunakan untuk memberikan laporan perampokan nomor.

Itu keterangan dari model penipuan SIM card swap yang barusan menerpa Ilham Bintang. Lebih waspada, ya, saat berbisnis online. Janganlah lupa kerjakan usaha penjagaan di atas supaya kamu terbebas dari praktek ini.

Hindari Modus Penipuan Pembuatan Sim Swap Lewat Telephone

Apa kamu pernah dihubungi oleh seorang yang tidak kamu kenali lewat telephone, tawarkan suatu hal dan termasuk sangatlah mengusik? Hati-hatilah, itu bisa saja penipuan. Diberi nama spam call, peristiwa ini cukup kerap terjadi sekarang ini yang mana kamu memperoleh telephone tidak dikenali dan tawarkan suatu hal atau umumkan info yang berbuntut pada keinginan beberapa uang.

Menurut artikel di robokiller.com, jumlah spam call pada 2018 di Amerika saja capai 4,5 miliar. Kamu dapat memikirkan sendiri berapakah banyaknya untuk Indonesia. Itu belum ditambah lagi spam SMS juga. Namun paling mengusik ialah spam call dan di bawah ini ialah beberapa cara mengenal spam call.

  1. Tiba dari nomor yang tidak dikenal

Ini sangat terang dan gampang disinyalir. 100 % spam call tiba dari nomor tidak terang yang tidak kamu kenali. Umumnya tiba dari nomor telephone ponsel dan tidak dari kantor atau yang memakai awalan code tempat, misalkan (021) atau (031).

  1. Tidak menghubungi 2x

Ada saatnya kemungkinan kamu akan cemas telephone itu tiba dari seorang yang kamu kenali atau benar ada info penting. Ada satu langkah untuk mengenalinya: biarkan missed call lebih dulu.

Bila memang itu panggilan penting, karena itu ditegaskan akan panggilan ke-2 memakai nomor yang serupa. Penipu tidak lakukan itu sebab begitu habiskan tenaga.

  1. Tidak dari nomor sah

Bila kamu mengusungnya, kamu dapat mengenali itu spam call ataulah bukan dari nomornya. Kerap telephone penawaran itu mengatasnamakan perusahaan tertentu.

Semestinya bila memang itu penawaran sah, karena itu telephone yang dipakai tiba langsung dari nomor telephone perusahaan itu. Bila memakai nomor individu, langsung tutup saja.

  1. Mempunyai nomor yang sama

Dalam satu hari, umumnya kamu akan mendapatkan beberapa telephone sekalian. Nomor teleponnya akan berlainan, tapi antiknya benar-benar serupa.

Yang lain umumnya berada di tiga digit paling akhir dan angkanya itu tidak jauh. Sebagai contoh kamu ditelepon dengan akhir 712, karena itu spam call yang lain dapat 715, 719 atau 721.

  1. Tidak menghubungi lewat program

Spam call langsung akan menghubungimu lewat nomor telephone biasa. Nyaris mustahil berkontak lewat program messenger. Gampangnya, bila itu temanmu atau familimu, minta untuk menghubungimu lewat messenger.

  1. Tidak profesional dalam sampaikan info

Anggaplah saja kamu mengusung telephone itu dan dijajakan suatu hal.sebuah hal. Salah satu perihal yang dapat kamu lihat ialah bagaimanakah cara mereka tawarkan hal tersebut dengan cara bicaranya. Beberapa penelepon spam call dapat kamu kenali dengan cara bicaranya yang tidak profesional.

  1. Pengatasan termudah ialah memakai program faksi ke-3

Permasalahan spam call ini telah memperoleh banyak perhatian orang. Karena itu, beberapa faksi coba tawarkan jalan keluar, yakni melalui aplikasi deteksi nomor telephone. Ada beberapa yang ada di App Store atau Play Store, tentukan baik berdasar peringkat dan tanggapan pemakainya.

Program ini sanggup mengenal panggilan yang masuk dan kurasi apa itu adalah telephone penipuan atau mungkin tidak. Pakai program itu untuk kurangi spam call yang masuk.

Memberikan laporan kasus spam call dapat termasuk tidak begitu bermanfaat sebab kemungkinan kecil untuk dicari karena gampangnya membuat nomor. Karena itu, sebaiknya kamu tidak begitu mengharap ke mereka dan menghindariinya sendiri. Mudah-mudahan saja melalui daftar pengenalan ini, panggilan penipuan itu tidaklah sampai menipumu.