About Us

Pengenalan Software dan Aplikasi, Semua perangkat komputasi menjalankan sistem operasi. Untuk komputer pribadi, sistem operasi paling populer adalah Windows Microsoft, OS X Apple, dan versi Linux yang berbeda. Smartphone dan tablet menjalankan sistem operasi juga, seperti iOS Apple, Google Android, Microsoft Windows Mobile, dan BlackBerry.

Sistem operasi komputer pribadi awal sederhana dengan standar saat ini; Mereka tidak menyediakan multitasking dan mengharuskan pengguna untuk mengetik perintah untuk memulai suatu tindakan.

Jumlah memori yang dapat ditangani oleh sistem operasi awal juga terbatas, membuat program besar tidak praktis untuk dijalankan. Sistem operasi awal yang paling populer adalah sistem operasi disk IBM, atau DOS, yang sebenarnya dikembangkan untuk mereka oleh Microsoft.

Pengenalan Software dan Aplikasi

Pada tahun 1984, Apple memperkenalkan komputer Macintosh, menampilkan sistem operasi dengan antarmuka pengguna grafis. Meskipun bukan sistem operasi grafis pertama, itu adalah yang pertama untuk menemukan kesuksesan komersial. Pada tahun 1985, Microsoft merilis versi Windows pertama. Versi Windows ini bukan sistem operasi, tetapi sebagai gantinya adalah aplikasi yang berlangsung di atas sistem operasi DOS, menyediakan lingkungan grafis.

Itu sangat terbatas dan memiliki sedikit kesuksesan komersial. Baru pada tahun 1990 rilis Windows 3.0 bahwa Microsoft menemukan kesuksesan dengan antarmuka pengguna grafis. Karena pemegang komputer pribadi IBM dan IBM yang kompatibel dengan bisnis, itu tidak sampai Windows 3.0 dirilis bahwa pengguna bisnis mulai menggunakan antarmuka pengguna grafis, mengantar kami ke era komputasi grafis.

Sejak 1990, Apple maupun Microsoft telah merilis banyak versi baru dari sistem operasi mereka, dengan setiap rilis menambahkan kemampuan untuk memproses lebih banyak data sekaligus dan mengakses lebih banyak memori. Fitur-fitur seperti multitasking, memori virtual, dan input suara telah menjadi fitur standar dari kedua sistem operasi.

Keluarga sistem operasi pribadi-komputer ketiga yang semakin populer adalah Linux (diucapkan “Linn-ex”). Linux adalah versi sistem operasi UNIX yang berjalan di komputer pribadi. UNIX adalah sistem operasi yang digunakan terutama oleh para ilmuwan dan insinyur pada minicomputer yang lebih besar.

Ini adalah komputer yang sangat mahal, dan pengembang perangkat lunak Linus Torvalds ingin menemukan cara untuk membuat Unix dijalankan pada komputer pribadi yang lebih murah. Linux adalah hasilnya. Linux memiliki banyak variasi dan sekarang memiliki persentase besar server web di dunia. Ini juga merupakan contoh Pengenalan Software dan Aplikasi sumber terbuka, topik yang akan kami bahas nanti dalam bab ini.

Mac vs. Windows.

Apakah Anda seorang Mac? Apakah Anda PC? Sejak diperkenalkan pada tahun 1984, pengguna Apple Macintosh telah cukup bias tentang preferensi mereka untuk sistem operasi Macintosh (sekarang disebut OS X) atas Microsoft. Ketika Microsoft memperkenalkan Windows, Apple menggugat Microsoft, mengklaim bahwa mereka menyalin “tampilan dan nuansa” dari sistem operasi Macintosh. Pada akhirnya, Microsoft berhasil membela diri.

Selama beberapa tahun terakhir, Microsoft dan Apple telah memperdagangkan dorong satu sama lain, masing-masing mengklaim memiliki sistem operasi dan perangkat lunak yang lebih baik. Sementara Microsoft selalu memiliki pangsa pasar yang lebih besar (lihat bilah sisi), Apple telah menjadi favorit para seniman, musisi, dan elit teknologi. Apple juga menyediakan banyak komputer ke sekolah dasar, sehingga mendapatkan berikut di antara generasi muda.

Mengapa Pengenalan Software dan Aplikasi Microsoft sangat dominan di dunia bisnis?

Jika Anda telah bekerja di dunia bisnis, Anda mungkin telah memperhatikan bahwa hampir semua komputer menjalankan versi sistem operasi Windows Microsoft. Kenapa ini? Di hampir semua kampus perguruan tinggi, Anda melihat dominan laptop Apple Macintosh. Di sekolah dasar, Apple memerintah juga. Mengapa ini tidak diperpanjang ke dunia bisnis?

Seperti yang kami pelajari di Bab 1, hampir semua bisnis menggunakan komputer mainframe IBM pada 1960-an dan 1970-an. Bisnis yang sama ini menghindar dari komputer pribadi sampai IBM merilis PC pada tahun 1981. Ketika eksekutif harus membuat keputusan tentang membeli komputer pribadi untuk karyawan mereka, mereka akan memilih rute yang aman dan membeli IBM.

Pepatah kemudian adalah: “Tidak ada yang pernah dipecat karena membeli IBM.” Jadi selama dekade berikutnya, perusahaan membeli komputer pribadi IBM (atau yang kompatibel dengan mereka), yang menjalankan sistem operasi yang disebut DOS. DoS dibuat oleh Microsoft, jadi ketika Microsoft merilis Windows sebagai iterasi DOS berikutnya, perusahaan mengambil rute aman dan mulai membeli Windows.

APLIKASI PERANGKAT LUNAK

Kategori utama kedua perangkat lunak adalah perangkat lunak aplikasi. Perangkat lunak aplikasi, pada dasarnya, perangkat lunak yang memungkinkan pengguna mencapai beberapa tujuan atau tujuan. Misalnya, jika Anda harus menulis makalah, Anda mungkin menggunakan program perangkat lunak aplikasi Microsoft. Jika Anda ingin mendengarkan musik, Anda mungkin menggunakan iTunes. Untuk menjelajahi web, Anda mungkin menggunakan Internet Explorer atau Firefox. Bahkan permainan komputer dapat dianggap sebagai Pengenalan Software dan Aplikasi.

Perangkat Lunak Produktivitas

Seiring dengan spreadsheet, beberapa aplikasi perangkat lunak lain telah menjadi alat standar untuk tempat kerja. Aplikasi ini, yang disebut perangkat lunak produktivitas, memungkinkan karyawan kantor untuk menyelesaikan pekerjaan sehari-hari mereka. Sering kali, aplikasi ini dikemas bersama, seperti di Microsoft Office Suite. Berikut adalah daftar aplikasi ini dan fungsi dasarnya:

  • Pengolahan Kata: Kelas perangkat lunak ini menyediakan penciptaan dokumen tertulis. Fungsi meliputi kemampuan untuk mengetik dan mengedit teks, memformat font dan paragraf, dan menambah, memindahkan, dan menghapus teks di seluruh dokumen. Sebagian besar program pemrosesan kata modern juga memiliki kemampuan untuk menambahkan tabel, gambar, dan berbagai tata letak dan fitur pemformatan ke dokumen. Prosesor Word menyimpan dokumen mereka sebagai file elektronik dalam berbagai format. Sejauh ini, paket pengolah kata yang paling populer adalah Microsoft Word, yang menyimpan file-nya dalam format DOCX.
  • Spreadsheet: Kelas perangkat lunak ini menyediakan cara untuk melakukan perhitungan dan analisis numerik. Area kerja dibagi menjadi baris dan kolom, di mana pengguna dapat memasukkan angka, teks, atau formula. Ini adalah formula yang membuat spreadsheet kuat, memungkinkan pengguna untuk mengembangkan perhitungan kompleks yang dapat berubah berdasarkan angka yang dimasukkan. Sebagian besar lembar spreadsheet juga mencakup kemampuan untuk membuat bagan berdasarkan data yang dimasukkan. Paket spreadsheet paling populer adalah Microsoft Excel, yang menyimpan file-nya dalam format XLSX. Seperti halnya pengolah kata, banyak paket spreadsheet lainnya dapat membaca dan menulis ke format file ini.
  • Presentasi: Kelas perangkat lunak ini menyediakan penciptaan presentasi slideshow. Holokening kembali ke hari-hari proyektor dan transparansi overhead, perangkat lunak presentasi memungkinkan penggunanya untuk membuat serangkaian slide yang dapat dicetak atau diproyeksikan pada layar. Pengguna dapat menambahkan teks, gambar, dan elemen media lainnya ke slide. Microsoft PowerPoint adalah perangkat lunak paling populer saat ini, menyimpan file-nya dalam format PPTX.